kecerdasan anak
kecerdasan anak

Setiap anak pasti memiliki jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda. Namun meskipun begitu kepintaran anak usia dini perlu ditingkatkan dengan baik agar otak anak pun bisa berkembang. Hal itu menjadi PR bagi setiap orang tua untuk mendidik anaknya menjadi lebih baik.

Jenis Kecerdasan Anak

Selama ini banyak orang mengira bahwa kecerdasan anak usia dini hanya pada aspek seperti logika dan matematika. Padahal sebenarnya masih banyak aspek kecerdasan pada anak usia dini di dalam lingkungan sehari-hari. Berikut ini merupakan jenis kecerdasan pada anak diantaranya adalah,

1. Kecerdasan Bahasa

Jenis kecerdasan berbahasa berarti anak usia dini sudah mampu untuk mengolah kata serta memberikan informasi dengan tata bahasa yang mudah dimengerti. Biasanya anak akan mengembangkan kemampuan berbahasa dengan banyak bicara. Kecerdasan berbahasa pada anak perlu ditingkatkan agar anak semakin ahli dalam bidangnya.

2. Kecerdasan Logika dan Matematika

Ada pula anak usia dini yang sudah mampu berpikir logis, dan mengetahui sebab akibat, menyukai teka-teki serta ketertarikan terhadap angka. Biasanya anak akan mengajak orang tua untuk melakukan permainan yang penuh dengan strategi. Maka para orang tua harus mengenalkan konsep angka dan juga cara berhitung serta memberinya mainan edukasi.

3. Kecerdasan Kinestetik (gerakan)

Kecerdasan anak usia dini yang satu ini dapat membuat anak menjadi ahli dalam mengkoordinasi gerak tubuh yang baik. Sehingga anak mampu menikmati kegiatan fisik yang sedang dilakukan. Biasanya anak akan sering melakukan berbagai aktivitas fisik seperti bermain, berlari, menari dan lain-lain. Intinya anak akan sangat aktif melakukan aktivitas fisik.

4. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal pada anak biasanya akan peka terhadap nada dan juga irama yang ia dengarkan. Kemampuan ini bisa dikembangkan dengan membuat anak mendengarkan musik yang disukainya.

5. Kecerdasan Moral

Moral adalah bentuk dari sebuah karakter dan sikap pada anak. Kecerdasan pada anak usia dini dalam hal moral, mampu mengajak orang untuk berdiskusi dan memahami norma masyarakat. Orang tua bisa membacakan cerita yang mengandung nilai moral, sehingga anak semakin tertarik.

Itulah beberapa jenis kecerdasan anak usia dini yang sudah dimiliki dalam diri sebagai bakat. Setiap jenis kecerdasan tentu berbeda-beda, dan harus dikembangkan dengan baik.