Seperti yang kita ketahui, pendidikan yang terbaik bagi masa depan anak adalah salah satu hal yang paling diperhatikan oleh keluarga. Meskipun tidak semua keluarga memiliki taraf ekonomi yang cukup, namun tentu saja semua orangtua berupaya agar pendidikan anak mereka tercukupi, kini orang tua tidak perlu khawatir dengan adanya Investasi reksadana dari Manulife asset.

Untuk itu banyak orangtua yang bekerja keras agar dapat memenuhi pendidikan anak mereka hingga di masa depan. Sayangnya, banyak dari orang tua yang melupakan persiapan terbaik untuk mendapatkan pendidikan masa depan yang layak bagi anak mereka, yakni dengan berinvestasi. 

Investasi reksadana
Investasi reksadana

Untuk itu, kali ini klikMAMI sebagai bagian dari PT Manulife Aset yang sudah meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management pada tahun 2018 akan memberikan sedikit informasi mengenai 4 instrumen investasi yang cocok untuk pendidikan masa depan anak. Diantaranya adalah: 

1. Investasi emas 

Cara pertama yang bisa orangtua lakukan adalah dengan berinvestasi emas. Cara ini termasuk cara yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan keluarga sejak zaman dahulu hingga sekarang. Emas dipercaya banyak orang memiliki keuntungan yang menjanjikan dalam jangka panjang. Dengan rutin menginvestasikan emas, maka pendidikan anak di masa depan pun bisa tercukupi. 

Yang terpenting dalam berinvestasi emas adalah ketelitian serta kecermatan dalam memilih waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual emas tersebut, apalagi untuk kebutuhan pendidikan anak di masa depan. 

2. Investasi pada tabungan pendidikan 

Di poin selanjutnya, orangtua bisa mencoba investasi tabungan pendidikan yang memang sangat sesuai dengan tujuan serta kepentingan yang akan dituju, yakni pendidikan yang layak bagi anak di masa depan.

 Beberapa kelebihan yang bisa didapat dari berinvestasi pada tabungan pendidikan adalah potongan langsung dari tabungan rekening Anda dan langsung dikunci agar tidak mudah untuk diambil kembali. Kelemahannya yang paling besar adalah bunga yang tidak terlalu tinggi. 

3. Investasi pada asuransi pendidikan 

Jika Anda belum tahu, asuransi pendidikan biasanya terbagi menjadi dua jenis. Yaitu konvensional serta unit linked. Untuk unit linked ini biasanya akan menggabungkan konsep proteksi serta investasi. Dengan adanya konsep proteksi seperti ini maka jika orangtua mengalami cacat permanen ataupun meninggal dunia, maka perusahaan asuransi tersebut wajib meneruskan tabungan hingga sang anak mencapai usia tertentu dan menjamin dana yang cukup untuk pendidikan sang anak.

4. Investasi reksadana 

Yang terakhir, kita sampai pada investasi yang paling banyak dicari oleh keluarga modern saat ini, yaitu investasi reksadana. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh investasi ini adalah pilihan  instrumen yang memiliki tingkat resiko yang rendah serta keuntungan rendah, ataupun Anda bisa memilih instrumen yang memiliki resiko besar namun juga dapat menghasilkan untung yang sangat besar. 

Menurut beberapa ahli, di berbagai kota besar sudah banyak orangtua yang memutuskan untuk menggunakan investasi reksadana untuk kebutuhan pendidikan masa depan anak-anak mereka. untuk tahapan seperti SD, SMP dan SMA, instrumen investasi reksadana sangat dianjurkan penggunaannya.