Kb alami
Kb alami

Perkembangan dunia medis yang semakin canggih dan modern menghadirkan beberapa macam terobosan ditulisnya dalam program kehamilan. Ada beberapa pilihan obat-obatan atau Pil KB yang biasanya digunakan untuk merencanakan kehamilan pada setiap pasangan akan tetapi ternyata ada pilihan KB alami yang lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping yang buruk untuk kesehatan. 

Salah satu adalah dengan menggunakan metode simtom termal metode ini dapat dicoba oleh setiap pasangan dengan mengkombinasikan kan beberapa metode sekaligus seperti pengukuran suhu tubuh kalender dan pengecekan mucus. Akan tetapi untuk melakukan metode ini semua pasangan perlu memiliki pengetahuan yang baik terhadap masing-masing metode tersebut.

KB alami kedua yang bisa menjadi pilihan adalah metode kalender. Metode ini lebih mudah dan simpel untuk dilakukan karena pada dasarnya kita tinggal menghitung masa subur pasangan. Biasanya masa subur seorang wanita adalah 18 hari sebelum datangnya menstruasi. Sedangkan masa subur selanjutnya adalah ketika 11 hari sebelum hari terakhir menstruasi. Dengan memperhitungkan masa subur pasangan menggunakan sistem kalender kita bisa ketahui dan mengatur proses kehamilan dengan cara yang aman. 

Cara alami selanjutnya untuk merencanakan kehamilan adalah dengan metode pemeriksaan mucus. setiap pasangan Tinggal mencet sendiri mucus yang disekresikan oleh kelenjar mukosa pada organ vital. itu sendiri merupakan sebuah istilah dari reaksi hormon esterogen berupa lendir Putih yang ada pada organ intim. Apabila fokus yang ada terlihat banyak ada baiknya hubungan suami istri di tunda 3/4 hari untuk menghindari proses kehamilan.

Cara alami selanjutnya untuk merencanakan kehamilan adalah dengan metode ASI eksklusif. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh semua perempuan yang memiliki bayi dan dalam proses menyusui. Ketika proses menyusui setelah melahirkan seorang perempuan tidak akan dalam masa subur. 

Hal tersebut dikarenakan pada saat itu masa subur seorang perempuan akan berlangsung lebih lama daripada biasanya akan tetapi metode ini tidak selalu bekerja pada semua perempuan karena beberapa perempuan masih bisa mengalami ovulasi atau memasuki masa subur meskipun ketika menyusui. Tiga macam pilihan KB alami tersebut menjadi salah satu langkah yang aman bagi setiap pasangan yang ingin merencanakan proses kehamilan.