Toko Berlian
Toko Berlian

Berlian asli tidak hanya indah dipandang dan memiliki bentuk yang indah, tapi juga memiliki nilai harga jual yang tinggi. Berlian bisa jadi salah satu perhiasan yang membuat seseorang terlihat lebih elegan dan menawan ketika memakainya. Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum kamu pergi ke toko berlian dan membelinya.

Maka dari itu kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih sebuah berlian dan selalu teliti ketika memilihnya. Berikut ciri-ciri berlian asli yang bisa menjadi referensi kamu sebelum membeli sebuah berlian.

1. Tidak mudah retak

Perlu kamu ketahui bahwa berlian merupakan batuan yang paling keras di bumi. Daya tahan batu berlian sangatlah tinggi sehingga dapat digunakan ketika menjalankan kegiatan sehari-hari. Jadi, jika berlian yang kamu beli mudah terbelah atau retak saat terbentur sedikit, bisa jadi itu adalah berlian palsu.

Toko Berlian
Toko Berlian

2. Berlian Merah yang Langka

Pada umumnya saat kita ke toko berlian maka seringnya kita menjumpai berlian tanpa warna (colorless), tapi perlu kamu ketahui juga bahwa sebenarnya terdapat juga berlian dengan berbagai macam warna seperti hitam, kuning, biru, merah, hingga warna pink. 

Diantara berbagai warna tersebut, berlian merah merupakan berlian yang paling langka dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi hingga mencapai ribuan USD per karatnya. Jadi, kamu harus heran dan curiga ketika ada berlian merah dengan harga jual yang rendah atau standar.

3. Tidak mudah gores

Apabila berlian merupakan jenis batuan paling keras di bumi, maka harusnya berlian tidak mudah gores. Justru berlian lah yang dapat menggores benda apapun. Jika kamu penasaran, kamu bisa coba membuktikan asli atau tidaknya sebuah berlian dengan menggoreskannya ke kaca. Apabila ketika digoreskan kacanya tergores dan tidak dengan berliannya, maka dapat dikatakan bahwa itu adalah berlian asli.

4. Memantulkan cahaya

Ketika kamu akan membeli sebuah berlian, kamu harus memperhatikan apakah berlian tersebut memantulkan cahaya di setiap sisinya. Inilah yang menjadi alasan mengapa berlian terlihat berkilau dari sisi manapun. Namun tidak dengan berlian palsu yang hanya terlihat berkilau bagian atasnya saja.

Selain itu kamu juga dapat mengetahui keaslian sebuah berlian hanya jika berlian tersebut merefleksikan cahaya dalam warna abu-abu, tidak dengan warna lain.

5. Pencerminan yang tidak jelas

Hal lain yang jarang diperhatikan orang yaitu bias cahaya pada berlian. Berlian asli sesungguhnya tidak membiaskan cahaya pada garis lurus, tapi justru ke arah lainnya. Jadi, apabila ketika kamu melihat suatu benda, tulisan atau apapun melalui berlian, maka bias cahaya yang direfleksikan pun tidak akan jelas bentuknya.

Beda halnya dengan berlian palsu yang terbuat dari kaca dan justru membiaskan cahaya dengan jelasnya.

6. Tidak berkabut

Hal lain yang perlu kamu ketahui sebelum membeli ke toko berlian adalah bahwasanya batu berlian itu tidak bisa berkabut. Hal ini bisa kamu buktikan dengan cara kamu hembuskan nafasmu ke batu berlian tersebut. Apabila kabut pada berlian cepat menghilangya, maka dapat dipastikan berlian tersebut asli, tapi apabila kabutnya lama menghilangnya, berlian tersebut patut dipertanyakan keasliannya.

7. Tidak bisa panas 

Kemudian kamu bisa mencoba memastikan keaslian sebuah berlian dengan cara memaparkannya dengan sesuatu yang panas. Sifat asli batu berlian yaitu dapat menyebarkan panas dengan cepat, jadi apabila sebuah berlian dipaparkan api atau benda panas apapun maka berlian asli tidak akan terasa panas atau hangat sedikitpun.

Demikian berbagai macam hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sebuah berlian. Kamu harus bisa teliti dalam memilih sehingga kamu terbebas dari penipuan jual-beli berlian. Tidak hanya berlaku dalam berlian saja, tapi begitu juga ketika kamu ingin membeli perhiasan lain.