Bayar Tagihan PDAM Online
Bayar Tagihan PDAM Online

Hidup manusia amat sangat bergantung dengan keberadaan air di bumi ini. Bahkan tidak akan ada kehidupan di muka bumi jika tidak adanya air. Segala macam makhluk hidup di dunia ini sangat membutuhkan air. Maka dari itu pemerintah kita pun akhirnya mendirikan sebuah badan usaha yang disebut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang menyediakan air bersih dan juga mendistribusikannya kepada masyarakat Indonesia untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Pada dasarnya, PDAM merupakan BUMD karena hampir setiap daerah memiliki PDAM yang beroperasi sesuai dengan aturan pemerintah daerah bersangkutan. Jadi, setiap daerah tentu memiliki PDAM sendiri. Meskipun begitu, air yang disediakan PDAM tentu tidak serta merta diberikan begitu saja oleh pemerintah, maka dari itu pemerintah pun mengenakan tarif bagi siapapun yang menggunakan PDAM. Lalu bagaimana cara membayarnya?

Bayar Tagihan PDAM Online
Bayar Tagihan PDAM Online

Tentu saja kamu dapat membayarnya dengan langsung mendatangi kantornya, tapi ada juga cara mudah untuk membayar tagihan PDAM tanpa harus mendatangi kantornya. Hal ini tentu berkat kemajuan teknologi yang semakin berkembang dari masa ke masa sehingga hampir semua dapat dilakukan dari jarak jauh, termasuk bayar tagihan PDAM online.

Pastinya kamu akan merasa sedikit jengkel jika harus membayar tagihan PDAM dengan langsung mendatangi kantor PDAM dan belum lagi harus berebut antre dengan pengunjung lain. Atas dasar efektifitas waktu maka dari itu ditambahkanlah dengan adanya layanan bayar tagihan PDAM online setiap orang merasa lebih mudah untuk melakukan pembayaran tagihan.

Selain itu, bayar tagihan PDAM online ini juga memberikan jaminan akan keamanan transaksi yang akan kamu lakukan. Kamu dapat mengecek sendiri nomor pelanggan dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam pengisian data.

Dengan menjadi langganan PDAM tentunya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas air bersih yang diberikan karena sudah melewati berbagai proses penjernihan yang diawasi seketat mungkin. Dan, kamu juga tidak perlu berlelah-lelah mencari sumber air bersih saat datang musim kemarau. Kemudian kamu juga dapat mengatur penggunaan dan pengeluaran air PDAM setiap saat. Cukup dengan melihat meteran air yang sudah dipasang di rumah kamu dan menghitung perkiraan tagihan air yang harus kamu bayar setiap bulannya. Maka dengan begitu kamu dapat menekan pengeluaran bulanan kamu.

Jika kamu belum berlangganan dan ingin menjadi salah satu pelanggan PDAM, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP sebanyak dua lembar dan serakan ke kantor PDAM terdekat dari rumahmu. Kemudian kamu harus mengisi formulir pendaftaran dan petugas PDAM akan melakukan survei pemasangan saluran air ke tempat tinggal kamu.

Setelah dilakukan survei ke rumah, maka kamu dapat memperkirakan anggaran dana pemasangan saluran air. Selanjutnya akan dilakukan pemasangan saluran air setelah kamu melunasi pembayaran. Lalu air bersih dari PDAM akan langsung mengalir dengan lancar di rumahmu.

Meskipun air mengalir dengan lancar dan deras di rumahmu, tapi jangan sampai kamu terlalu terlena sehingga lupa dan tidak menghemat pengeluaran air. Akan jauh lebih baik dan lebih hemat jika kamu memasang kran air dengan ujung menyebar. Menggunakan shower untuk mandi juga bisa menjadi solusi penghematan air yang dapat kamu lakukan karena jumlah air yang dikeluarkan tentunya jauh lebih sedikit daripada menggunakan gayung untuk mandi.

Dan, yang paling penting kamu harus coba teliti dengan mengecek jika ada kebocoran pada pipa karena hal itu dapat mempengaruhi pengeluaran air dan masuk ke dalam tagihan yang harus kamu bayar. Maka dengan begitu kamu tidak perlu khawatir dengan resiko pembengkakan tagihan air PDAM.