kuliah film
kuliah film

Industri perfilman di Indonesia tidak hanya sekedar populer saja, juga semakin prospektif. Terlebih saat ini sudah banyak tersedia kuliah film bagi siapa saja yang ingin menggeluti bidang perfilman secara serius. Kuliah di bidang perfilman akan membantu Anda yang ingin serius menjadi seorang sineas.

Selain itu, kuliah di bidang perfilman juga menjadi jembatan dan batu loncatan sempurna bagi Anda. Pasalnya ada banyak sekali mata pelajaran yang akan Anda pelajari. Adapun mata-mata pelajarannya yaitu seperti:

1.      Screenwriting

Di dalam sekolah perfilman, screenwriting adalah tugas yang paling penting. Screenwriting juga dikenal dengan sebutan penulis skenario. Di sini Anda akan diajarkan bagaimana cara menulis skenario.

Selain itu, Anda juga akan mempelajari dasar pemetaan cerita, hingga membedah teori dasarnya. Anda akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan cara menulis skenario yang baik dan benar agar matang saat mulai diproduksi.

kuliah film

2.      Belajar Cara Producing

Setelah penulisan skenario, pelajaran lain yang juga tidak kalah penting dalam dunia perfilman adalah memulai producing. Di sini Anda akan mempelajari hal yang berkaitan dengan dasar-dasar dalam memproduksi sebuah film.

Pelajaran pertama yang akan Anda pelajari adalah memproduksi audio visual, hingga mempelajari workflow pra produksi film. Artinya, Anda mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan film dari pasca-produksi.

3.      Mempelajari Sejarah Perfilman

Belajar sejarah tentang dunia film dapat membantu menambah wawasan Anda. Artinya, mengenal sejarah film termasuk ke dalam hal yang wajib dipelajari dan diketahui oleh para calon sineas atau yang suka dengan industri perfilman.

Itulah kenapa, film history atau sejarah film masuk ke dalam salah satu pelajaran yang wajib dipelajari oleh para siswa. Pelajaran sejarah film akan dimulai dari mulai inovasi teknologi di industri film, hingga film-film di masa lalu yang kualitasnya masih hitam putih.

4.      Belajar Cinematography

Dalam dunia perfilman, cinematography merupakan salah satu teknik yang wajib diketahui. Karena teknik ini sudah digunakan sejak lama dan terbukti ampuh untuk meningkatkan kualitas sebuah film.

Mata kuliah cinematography atau penata kamera, Anda akan belajar teori konsep visual, membaca storyboard, dasar-dasar pemakaian kamera video, dan masih banyak lainnya.

5.      Belajar Menjadi Seorang Director

Lulusan kuliah perfilman juga berpeluang untuk menjadi seorang sutradara atau director. Anda bisa mempelajari berbagai teori-teori tentang sutradara. Mata pelajaran yang satu ini biasanya mencakup pembuatan script breakdown, bedah storyboard, dan lainnya.

Anda juga akan mempelajari bagaimana visualisasi konsep blocking pemain, dan juga belajar dasar-dasar akting agar Anda bisa mengarahkan pemain.

6.  Sound Production

Sound merupakan salah satu bagian penting dalam pembuatan film. Sound juga dapat mempengaruhi emosi para penonton. Itulah yang menjadi alasan kenapa sound production masuk ke dalam mata kuliah yang wajib dipelajari dalam pembuatan film.

Di sini Anda juga akan mempelajari berbagai alat seperti microphone, mixer, dan lainnya. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui alat apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sebuah sound yang begitu menawan dalam sebuah film.

Kesimpulan

Mata kuliah di bidang perfilman tergolong luas, meliputi berbagai aspek-aspek penting yang dapat membantu mendukung Anda untuk membuat sebuah film yang tidak hanya berkualitas saja. Mata kuliahnya juga meliputi cara pembuatan film yang dapat diterima dan juga layak ditonton baik secara visual maupun audio.

Itulah berbagai mata pelajaran atau mata kuliah film yang akan Anda pelajari. Bagi Anda yang saat ini berencana sekolah di bidang tersebut, Anda bisa memilih IDS sebagai tempat yang tepat untuk menggelutinya.