desain dapur sederhana
desain dapur sederhana

Dapur adalah salah satu ruangan yang biasanya memiliki space terbatas. Apalagi jika rumah Anda berkonsep minimalis dan berukuran kecil, maka dapur juga pasti akan lebih kecil. Konsep desain dapur sederhana cocok dengan hunian berukuran minimalis. Pasalnya konsep tersebut menonjolkan fungsionalitas setiap bagian dapur sehingga tidak ada barang-barang kurang penting di dalamnya. Meskipun terkesan sederhana dan tidak banyak barang, namun dapur tetap bisa terasa nyaman dan tampak indah. Berikut ini beberapa tips mendesain dapur sederhana yang bisa Anda ikuti:

Tentukan Tema

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema sesuai keinginan. Anda bisa memilih teman sesuai dengan teman keseluruhan hunian. Apabila hunian Anda mengambil konsep country, maka terapkan juga pada desain dapur. Namun jika menginginkan tema yang berbeda tidak masalah asalkan masih selaras atau tidak terlalu mencolok.

Pilih Perpaduan Warna dengan Baik

Perpaduan warna dapur menjadi hal yang penting meskipun Anda sudah menentukan tema. Untuk dapur sederhana, sebaiknya pilih warna yang minimalis atau netral saja. Usahakan warna yang dipilih mampu membuat ruangan tampak lebih luas. Jika menerapkan konsep country, warna yang cocok yaitu cokelat, putih, dan hijau toska.

Gunakan Perabotan yang Tidak Terlalu Besar

Perabotan yang terlalu besar biasa membuat ruangan kecil tampak penuh dan sesak. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih perabotan yang tidak terlalu besar. Keluarga kecil dengan 2-4 orang biasanya tidak membutuhkan banyak makanan sehingga perabotan kecil saja sudah cukup. 

desain dapur sederhana

Jangan Terlalu Banyak Mengoleksi Peralatan Dapur

Percuma jika Anda memilih perabotan dengan ukuran kecil hingga sedang namun masih saja mengoleksi banyak peralatan dapur. Hal tersebut tetap akan membuat ruangan dapur Anda tampak penuh dan sesak. Jika dapur Anda minimalis atau kecil, gunakan peralatan dapur secukupnya saja. Hindari mengoleksi peralatan dapur padahal tidak membutuhkannya.

Simpan Semua Perabotan dan Bumbu Masak di Dalam Kabinet

Tips desain dapur sederhana selanjutnya yaitu memasukkan semua perabotan ke dalam kabinet baik itu peralatan masak, peralatan makan, hingga bumbu dapur. Pastikan bahwa kabinetnya tertutup sehingga tidak terlihat dari luar. Kabinet yang tertutup menampilkan kesan rapi pada dapur Anda.

Perhatikan Penempatan Cahaya

Penempatan cahaya merupakan salah satu faktor yang memengaruhi tampilan dapur sederhana Anda. Jika ingin mendapatkan kesan luas pada dapur, atur penempatan cahaya dengan baik. Gunakan jendela yang besar agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan. Tempatkan kompor atau wastafel di bawah jendela sehingga mendapatkan pencahayaan.

Pertimbangkan Dapur Tanpa Pintu

Selain penempatan cahaya, dapur tanpa pintu juga bisa membuat efek luas pada dapur Anda. Jika Anda suka dengan konsep ini, cobalah untuk menerapkannya. Tidak adanya pintu juga bisa membuat sirkulasi udara dari dapur menjadi lebih bagus sehingga terasa lebih besar. Beberapa orang menggabungkan antara meja makan dan dapur untuk tampilan yang lebih luas.

Itulah beberapa tips desain dapur sederhana yang bisa coba untuk Anda ikuti. Meskipun sederhana, namun Anda tetap akan mendapatkan dapur sesuai keinginan. Dengan dapur yang nyaman dan indah tersebut, berbagai masakan lezat bisa tercipta dari tangan Anda. Apabila membutuhkan informasi lain seputar desain dapur, Anda bisa mengunjungi platform Masterumah.id. 

Platform buatan Semen Tiga Roda ini menghadirkan beberapa fitur menari, termasuk fitur Inspirasi yang bisa membantu Anda mendapatkan inspirasi. Fitur lainnya yaitu Cari Vendor, hitung Estimasi Biaya, dan Tanya Master. Daftarkan diri terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur yang disediakan. Selengkapnya bisa langsung Anda lihat pada alamat website www.masterumah.id